Ingin Bangun Rumah Sendiri? Perhatikan Hal Berikut ini

Genius - Dewasa ini Anda bisa dengan mudah mendapatkan rumah yang siap huni. Namun masih banyak orang yang ingin membangun rumah sendiri. Faktor yang melatarbelakanginya pun macam – macam, tapi yang paling dominan adalah karena dengan membangun rumah sendiri bisa disesuaikan dengan desain yang diinginkan. Bahkan warna keramik lantai sekalipun bisa dipilih sesuai keinginan.

Membangun rumah sendiri membuat Anda lebih bebas berekspresi. Anda bisa dengan leluasa merencanakan dan membuat gambaran akan desain rumah idaman. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk membangun rumah sendiri dibandingkan membeli rumah siap huni. Berikut ulasan lengkapnya.

Buat Perencanaan
Membangun rumah bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan perencanaan yang matang agar rumah impian bisa didapatkan. Meski nantinya Anda mengandalkan arsitek atau kontraktor bangunan, Anda tetap perlu membuat perencanaan. Perencanaan ini sifatnya menyeluruh, Anda harus memikirkan tentang model rumah, anggaran dana, ukuran bangunan rumah, termasuk rentang waktu yang dibutuhkan. 

Perencanaan ini akan memudahkan Anda dalam mengawasi pembangunan rumah nantinya. Terlebih menyangkut keuangan, dimana keuangan bisa saja membengkak jika rumah tak kunjung selesai padahal sudah molor dari target. Inilah pentingnya perencanaan, agar Anda bisa mengendalikan proses pembangunan dengan mudah dan tepat.

Pilih Desain Minimalis
Model rumah minimalis sangat dianjurkan bagi Anda. Rumah model ini jauh lebih efisien. Mengingat ukurannya yang minimalis, tentu saja rumah ini tidak membutuhkan area bangunan yang luas. Selain itu, model rumah minimalis akan membantu Anda dalam menekan biaya pembangunan rumah. Yup, bahan bangunan juga bisa dihemat karena Anda tidak perlu membeli banyak bahan bangunan untuk membangun rumah model minimalis.

Buat Gambaran Bentuk Bangunan Rumah
Sebelum memutuskan untuk pergi ke tempat arsitek atau kontraktor bangunan, ada baiknya Anda juga sudah membuat gambaran tentang bentuk bangunan rumah yang diinginkan. Bicarakan dengan anggota keluarga yang lain agar semuanya turut berpendapat dalam menentukan bangunan rumah. Sebagai informasi, rumah dengan bentuk persegi panjang atau persegi umumnya akan lebih mudah dibangun. Meski demikian, pertimbangkan hal lain juga dalam menentukan bentuk bangunan rumah ini. Sesuaikan dengan kebutuhan dan yang paling penting, sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Lakukan Riset Sederhana Terhadap Harga Material
Membangun rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit, jadi Anda harus membuat perencanaan dengan baik dan teliti. Termasuk dalam hal membeli bahan bangunan. Lakukan riset sederhana dengan mencari informasi harga material – material bangunan yang dibutuhkan. Cari tahu berapa harga pasir, semen, besi, keramik lantai, warna cat dan lain sebagainya.

Pilih Kontraktor yang Mumpuni
Banyak kontraktor bangunan yang bisa membantu Anda mendapatkan rumah. Tapi tidak semua kontraktor bisa membantu Anda untuk mewujudkan rumah impian. Untuk itu, usahakan untuk mencari kontraktor yang sudah ahli di bidangnya. Carilah kontraktor yang bisa Anda jadikan tangan kanan dalam proses pembangunan rumah.

Demikian tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda berencana ingin membangun rumah sendiri. Bersiaplah untuk memiliki hunian pribadi yang nyaman dan sesuai dengan harapan ya.


EmoticonEmoticon